Berita TerkiniDaerahTulang Bawang Barat

Pulihkan Ketahanan Pangan dan Ekonomi, Kepalou Tiyuh Cahyow Randu “Yantoni” Lakukan Program Ini

(Mediajagoan.com)Tuba Barat Lampung – Adanya Corona virus disease-19 (Covid-19) yang merebak d seluruh dunia, tak ketinggalan indonesia bahkan Kabupaten tulang bawang barat di tiyuh cahyow randu juga terkena imbas perekonomiannya maka sudah kewajiban selaku aparatur tiyuh untuk menstabilkan ekonomi kembali dengan melakukan beberapa Program yang gunanya untuk Kesejahteraan masyarakat dalam memulihkan ketahanan Pangan di Masyarakat Binaan, hal tersebut di katakan Yantoni selaku Kepalou Tiyuh Cahyow Randu Kabupaten Tulang bawang barat provinsi Lampung di Lokasi K3 1W pada jum’at (05-05-2023) Lalu.

Kepada media, Yantoni Menjelaskan tentang salah satu Program unggulan yang diterapkan
dikampung binaannya yakni Program Kandang, Kolam, Kebun dan Wisata bahkan beliau dengan transpran membeberkan peruntukan anggaran Dana Desa.

Diketahui, Wisata ditulang bawang barat sudah terkenal sampai manca negara, bahkan sekarang sudah ada penambahan Lokasi wisata di daerah yang berjuluk Ragem Sai Mangi Wawai itu dengan menambah Tempat Wisata yang menyulap Tulung menjadi tempat
Rekreasi bagi wisata-wisata yang hobi menikmati suasana damai dan sejuk.

“Sebagai salah satu upaya pendukungan program pemulihan ekonomi masyarakat pasca masa Wabah Covid-19, Pemerintah Tiyuh Cahyou Randu Alokasikan Dana Desa/Tiyuh Tahun Anggaran 2023 untuk Program K3 yaitu Kolam, Kandang, Kebun dan Wisata guna pelaksanaan aturan Prioritas Penggunaan Dana Desa Untuk Program Ketahanan Pangan Nabati atau Hewani Yaitu Sebesar 20% dari Pagu Dana Desa/Tiyuh,” Jelas Yantoni sambil menyusuri lokasi K3 1W.

“Dalam Pelaksanaannya Pemerintah Tiyuh Cahyou Randu sampai dengan Per-Bulan Mei Telah Mengalokasikan Sebanyak 40 % Dana Desa/Tiyuh, dimana salah satunya yaitu Pembagian Bibit Tanaman Sayur Beserta Polybag yang siap tanam kepada seluruh masyarakat terutama yang berada di Suku 4 Suku yaitu Suku 002,004,005 dan 006, sementara untuk 2 Suku selanjutnya akan dibagikan pada Termin II,” Ujar Yantoni.

“Untuk Program Kandang Pemerintah Tiyuh Cahyou Randu telah menyiapkan Pengadaan Bibit Kambing yang akan dilaksanakan pada Termin II nanti pada Bulan Juni atau Juli. Sementara itu pada Tahun sebelumnya telah terlaksana Program Kolam Bioflog sehingga pada tahun ini Pemerintah Tiyuh hanya menggarkan sedikit saja guna pendukungan Program Kolam Bioflog agar dapat terus bergulir. Program Kolam Bioflog ini difokuskan pada satu titik yaitu di Komplek SMAN 1 Pagar Dewa tepatnya di RT 009 Suku 005, yang terdapat 15 Unit Kolam Bioflog dengan Budidaya Jenis Ikan Seperti Lele, Nila dan Gurame,” Kata Kepalou Tiyuh Cahyow Randu.

“Selain untuk pendukungan Program K31W Pemerintah Tiyuh Cahyou Randu juga telah mengalokasikan Bantuan Langsung Tunai Per-bulan Januari hingga April Tahun 2023 untuk 30 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebesar Rp.300.000,00/Bulan/KPM,” Beber Kepalou Tiyuh Itu.

Yantoni selaku Kepalou Tiyuh Cahyow Randu Berharap agar Masyarakat binaannya memamfaatkan Program K3W yang telah mulai berjalan secara maksimal.

“Saya berharap agar kiranya masyarakat benar-benar memanfaatkan Program-program ini dengan semaksimal mungkin sehingga kesuksesan dalam ketahanan pangan terserap dengan baik dan dapat bergulir sampai dengan tahun-tahun berikutnya,” Tegas Yantoni.

Lanjut Yantoni, “Tidak menutup kemungkinan pula jika program pada tahun 2023 ini dapat dimanfaatkan dengan baik, maka untuk tahun selanjutnya Pemerintah Tiyuh siap akan Mengganggarkan kembali,” Pungkas Kepalou Tiyuh Itu. (Rudi.h)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *