Berita TerkiniDaerah

BBI Dinas Perikanan Tubaba Terbengkalai, Begini Harapan Warga

(Mediajagoan.com) Tuba Barat Lampung–Tujuh kolam Tempat pemijahan Benih Bibit Ikan (BBI) di Tiyuh margo kencana kecamatan Tulang Bawang Udik (TBU) Menelan Anggaran ratusan juta milik Dinas perikanan kabupaten Tulang Bawang Barat provinsi lampung terbengkalai di penuhi rumput tidak berpungsi.

 

Pasalnya, dalam pantauan media pada kamis (1/2/2023) sekira pukul 10.00.WIB dilokasi terdapat Tujuh kolam BBI milik dinas perikanan tersebut terkesan mubasir (Sia-sia), selain mengalami kerusakan pecah di beberapa sudut tidak terisi Air dan tidak berpungsi.

Kolam yang tidak dipungsikan  tersebut mengundang reaksi Warga setempat.

Mereka meminta penjabat (PJ) Bupati kabupaten tubaba untuk mengambil sikap tegas

Agar BBI bisa bermamfaat dan berfungsi sebagaimana mustinya.

 

“Harusnya ada sikap tegas PJ bupati Tubaba kerusakan Kolam ini untuk diperbaiki kemudian dipungsikan jadi tempat pemijahan benih bibit ikan (BBI) untuk memenuhi kebutuhan kelompok masyarakat pelaku budidaya ikan tawar,” Harap warga yang tidak mau disebutkan namanya oleh Awak media.

 

Menurut warga setempat Kolam BBI tersebut merupakan salah satu  program unggulan pemerintah Daerah tubaba dimassa kepemimpinan Bupati Tubaba Ir.Hi. Umar Ahmad.Sp.

 

“Semasa bupati Tubaba bapak umar ahmad, tempat BBI itu masih di pungsikan bahkan sangat memberikan asaz manfaat yang dirasakan masyarakat melalui kelompok pelaku budidaya ikan bahkan menghasilkan berbagai jenis bibit ikan Air tawar kala itu,” Ujar warga setempat.

 

Warga juga meminta pihak terkait  untuk melakukan penelusuran Anggaran Ratusan Juta setiap tahun yang di gelontorkan oleh pemerintah daerah pada dinas perikanan setempat.

 

“Aparat penegak Hukum (APH)  dan inspektorat Tubaba harus bertindak untuk mengaudit dinas terkait, dimana anggaran setiap tahunnya, kami berharap agar BBI itu bisa dipungsikan kembali,”  Cetus warga itu.

 

Hingga berita ini diterbitkan, Kepala bidang (kabid) budidaya ikan Dinas perikanan kabupaten tubaba Bapak Setiyono Jati Utomo Sa,at dikonfirmasi di ruang kerjanya beliau tidak ditempat. Menurut keterangan sumber yang dipercaya Beliau jarang masuk Kantor.(Rdk)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *