Berita TerkiniDaerahTulang Bawang

Qudrotul Ikhwan Dampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Kunker di P3UW Serah Bantuan Ini

(Mediajagoan.com) Tulang bawang Lampung– Pj Bupati tulang bawang Qudrotul Ikhwan mendampingi gubernur lampung Arinal Djunaidi di dipasena makmur rawa jitu timur kabupaten tulang bawang lampung pada senin 13/11/2023. Kegiatan ini masuk dalam kunjugan kerja gubernur ke tulang bawang. Senin (20-11-2023).

Terpantau media, Gubernur lampung arinal  dan Bupati tulang bawang Qudrotul Ikhwan bersama petani udang melakukan panen secara parsial di blok Dipasena Makmur, selain itu Anggota DPR RI Hanan A Razak dan gubernur Arinal juga menyerahkan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI kepada para petani udang, berupa 1 unit eskavator dan 70 unit kincir air.

Dalam sambutan Arinal menceritakan bahwa tambak udang di Lampung berkembang sejak era 1980. Bahkan, Lampung pernah menduduki peringkat Ke I produksi udang nasional, yaitu saat pola kemitraan PT. Dipasena Citra Darmaja dan PT. Central Pertiwi Bahari berjalan dengan baik sewaktu itu.

“Sangat disayangkan produksi udang dilampung sa,at ini menduduki posisi ke 5 di Indonesia,” Kata Arinal.

“Sekarang ini Pemerintah Pusat maupun daerah senantiasa mencarikan upaya agar pertambakan di Lampung berjaya seperti era dulu, khususnya Bumi Dipasena ini bisa bangkit dan berjaya kembali,” ujar Arinal.

Upaya tersebut dikatakan Arinal bahwa beberapa dukungan infrastruktur yang cukup besar sudah berhasil dilakukan Pemerintah, seperti rehabilitasi jalan dari Simpang Penawar sampai Bumi Dipasena yang semula waktu tempuh 4 jam menjadi sekitar 1 jam. Begitu juga dengan kebutuhan listrik di Bumi Dipasena sudah menjangkau sampai pada petambak  dengan voltase penuh.

“Bukti nyata perhatian pemerintah pada petambak ini yakni Dalam hal bantuan sarana dan prasarana budidaya  tambak, pemerintah sebelumnya juga telah memberikan bantuan berupa  5 unit Exavator, 1 unit Dredger, 125 kincir air, serta 10 unit pompa air,” Beber Arinal.

Persoalan besar sa,at ini sedang diajukan pemerintah pusat dan daerah yaitu pada petambak ini adalah persoalan tanah pada legalitasnya.

Selain itu, Arinal juga mengajak masyarakat untuk mengikuti Program Kartu Petani Berjaya (KPB) untuk memudahkan pelaku usaha, baik pertanian, peternakan dan perkebunan dalam memperolah permodalan, mendapatkan sarana dan prasarana budidaya dan pemasaran hasil usaha.

Pada kesempatan ini, Ketua P3UW Lampung Suratman, mengucapkan terima kasih kepada bapak gubernur dan bupati tulang bawang Qudrotul ikhwan, memanggapi masalah tanah ketua P3UW Menjelaskan bahwa:

“Pada sa,at itu Semua sektor diundang termasuk kami, Insya Allah sudah clear, jadi lahan ini sebenarnya punya Pemerintah tapi kanalnya yang membuat adalah perusahaan dalam hal ini milik CPP, yakni seluas 1490 ha, dan sekarang sudah diserahkan kepada Pemerintah dan itu nol  rupiah,” Jelas Suratman.

Suratman juga mengatakan bahwa selesainya persoalan ini juga berkat dorongan Pemerintah Kabupaten, dan Pemerintah Provinsi dalam hal ini Gubernur Lampung, sehingga masalah ini dapat selesai dengan baik.

Atas pemberian dan bentuk perhatian kepada Kabupaten Tulang bawang, Pj Bupati Tulang bawang Qudrotul Ikhwan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Lampung dan anggota DPR RI Hanan A, Rozak  atas sumbangsih dan motivasi yang telah diberikan kepada para Petani Udang di Dipasena.

Qudrotul juga menerangkan bahwa saat ini Kabupaten Tulangbawang memiliki tagline ‘Udang Manis’ Hal tersebut memperhatikan Tulang bawang memiliki potensi 14 Ribu hingga 16 Ribu hektar tambak yang menghasilkan udang dan rasanya manis, hamparan tambak tersebut bahkan merupakan yang terluas di Asia Tenggara, begitu juga dengan Kebun Tebu yang luasnya dua kali lipat luas Jakarta.

“Harapan ke depan Tulang bawang dengan potensi udangnya ini  mengangkat kehidupan, perekonomian serta derajat masyarakat Kabupaten Tulang bawang UNGGUL, DAMAI, AMAN, NYAMAN, GUYUB, MANDIRI, AGAMIS, NATURAL, INOVATIF dan MANDIRI (UDANG MANIS)”  Pungkas Qudrotul dalam Harapannya.(Adv/Rdk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *