Berita TerkiniDaerahTulang Bawang Barat

Warga Tuba Lampung Seratusan Lebih Terkena Penyakit TBC, Kadis Kesehatan Berikan Tips dan Himbau Untuk Begini

(Mediajagoan.com) Tulang Bawang Lampung- Kepala Dinas kesehatan tulang bawang lampung Hi.Fatoni, S.Kep.,M.M. memberikan Tips pencegahan dini terhadap penularan penyakit tubercolusis (tbc), yakni Dengan cara memberikan makanan yang sehat dan bergizi seimbang, serta menjaga lingkungan sekitar rumah tetap terjaga kebersihannya. hal tersebut di jelaskan Fathoni kepada media online sa,at menjelaskan jumlah warga tulang bawang yang terserang Tbc.

Fatoni juga menghimbau kepada warga agar melakukan Vaksin kekebalan untuk penyakit Tbc dengan memvaksin Bcg kepada bayi yang baru lahir yang gunanya untuk kekebalan sang anak.

Perlu diketahui, Vaksin Bacillus Calmette–Guérin (BCG) adalah vaksin yang selama ini diberikan kepada orang-orang untuk melindungi diri dari tuberkulosis.

“Tercatat 114 warga Tulang Bawang terindikasi terserang TBC, dari jumlah itu sebagian besar menyerang anak newborn atau umur 0-4 tahun, dari jumlah warga itu mayoritas menyerang anak-anak dengan usia 0-4 tahun, untuk membuat kekebalan pada anak akan lebih baik diawali dari imunisasi BCG pada bayi yang baru lahir,” kata Fatoni.

Selain penjelasan jumlah warga yang terkena TBC, fathoni menjelaskan ciri-ciri dari terkena penyakit TBC dan iapun menghimbau agar warga segera ke rumah sakit terdekat bila penyakit tersebut menyerang anak.

“Ciri-ciri khusus yang dapat dikenali bila anak terdampak TBC, keringat berlebih di malam hari, hilangnya nafsu makan yang mengakibatkan berat badan turun drastis. Paling utama batuk yang berlangsung terus menerus hingga berjalan dua pekan, bahkan disertai demam,” Jelas kadis fatoni.

 

“Langkah cepat agar tertanggulangi sedini mungkin Segera lakukan pemeriksaan ke petugas kesehatan terdekat, bila terdapat ciri-ciri tersebut yang menyerang anak-anak kita,” Himbau kadis Fatoni dilansir dari Rilis.id.

Atas informasi berita tersebut, Kadis Fathoni dihubungi Awak media, Ia membenarkan Jumlah warga yang terkena penyakit Tbc itu.

“Ia benar, Jumlah 114 warga kita yang terkena penyakit Tbc itu dihimpun sampai pertengahan bulan juni 2023 ini,” Ujar kadis Fatoni Melalui Whats App pada Jum’at (23-06-2023) Kemarin.

“Karena penyakit ini termasuk penyakit yang menular, Perkuat daya tahan Tubuh anak-anak kita, jangan lupa dari pola makanan yang bergizi hingga kebersihan lingkungan harus tetap dijaga agar warga kita tulang bawang Kesehatan tetap terjaga, mudah-mudahan kabupaten kita Sai Bumi Nengah Nyappur Terbebas dari segala Jenis Penyakit,” Pungkas Kadis Fatoni dalam Do’anya.(Tedy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *